Apa Perbedaan Margarin dan Mentega. Mana yang Lebih Baik?

Share Button

 Margarine terbuat dari lemak nabati dan kandungan lemaknya juga lebih sedikit daripada mentega. Margarine kaya akan lemak tak jenuh yang mengandung Omega 3 dan Omega 6. Lemak nabati cenderung meleleh pada suhu ruangan sehingga dibuat lebih padat melalui proses hidrogenasi. Proses ini menghasilkan lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL sendiri berguna dalam pertahanan terhadap lemak yang menyumbat arteri. Lemak trans pun lebih berbahaya untuk kesehatan daripada lemak jenuh.

mentega_margarin

Sedangkan mentega terbuat dari krim dan mengandung lemak jenuh yang tinggi. Namun, mentega lebih alami karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia. Margarine bisa menjadi pilihan yang lebih sehat, asal anda pintar memilih jenisnya dengan mengecek informasi gizi pada label kemasan.

  1. Pilihlah margarine dengan lemak trans 0 gram.
  2. Hindari memilih margarine yang tertera informasi “partially hydrogenated oil”.
  3. Kandungan lemak jenuh yang dikandung margarine sebaiknya berkisar 2-2,5 gram per porsi. Kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi kemungkinan mengandung banyak minyak sawit.
  4. Cari yang bahannya lebih alami dan diproses secara minimal, karena seringkali produk ini menggunakan bahan kimia tambahan.
  5. Namun, akan lebih baik jika anda mengganti margarine dengan mengkonsumsi mentega.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter