foto buah apel merah dan meteran

Apa Itu Kalori dan Bagaimana Cara Membakar Kalori

Share Button

Saat kita membaca tips atau tulisan mengenai program diet atau gaya hidup sehat, seringkali kita menemukan kata kalori. Pertanyaan yang banyak muncul adalah berapa kalori yang dibutuhkan tubuh, bagaimana cara membakar kalori, dan berapa kalori yang didapat dari makanan tertentu. Namun apakah Anda tahu apa itu kalori?

Kalori adalah satuan untuk menghitung jumlah energi, jika Anda mengingat pelajaran SMA mengenai energi pasti Anda ingat istilah satuan energi yaitu Joule. Satu kalori setara dengan 4,18400 Joule. Setiap makanan yang Anda makan pasti mengandung kalori yang membantu Anda untuk tetap berenergi dalam menjalani aktivitas. Untuk lebih jelas menggambarkannya, kalori mirip dengan bahan bakar bagi kendaraan bermotor. Kalori muncul dari protein, lemak, dan karbohidrat, dan tentu kandungan kalori terbanyak berasal dari lemak. Tiap satu gram lemak terkandung 9 kalori, sementara satu gram protein dan karbohidrat mengandung 4 kalori.

Kalori tidak dapat ditentukan berdasarkan berapa banyak makanan yang Anda makan. Sebagai contoh, satu buah apel mengandung 200 kalori, sementara 2 lembar keju juga mengandung 200 kalori. Lalu, 3 buah telur, semangkuk sereal tanpa susu, dan sepiring oatmeal semuanya mengandung kalori sama, yaitu 200 kalori. Orang dengan aktivitas normal membutuhkan sekitar 2000-2700 kalori tiap harinya untuk menjalani aktivitas dengan optimal, juga bergantung pada tinggi, berat badan, umur, dan jenis kelamin.

Menghitung berapa banyak kalori yang Anda konsumsi tiap harinya dapat membantu Anda menjalankan program diet dengan lebih optimal. Perlu Anda ketahui bahwa 1 kilogram (kg) berat badan setara dengan 7000 kalori. Itu berarti untuk menurunkan berat badan paling tidak 1 kg tiap minggunya, Anda harus membakar 800-1000 kalori per hari. Lalu, bagaimana cara bagi Anda untuk membakar kalori yang berlebih?

  1. Anda bisa mencoba untuk jogging selama 20 menit untuk membakar 200 kalori.
  2. Berselancar di pantai selama 1 jam juga dapat membakar 200 kalori
  3. Melakukan lompat tali selama 15 menit secara keseluruhan juga akan membakar 200 kalori.
  4. Cara menyenangkan lainnya adalah dengan bernyanyi lagu pop kesukaan Anda 23 kali berturut-turut.
  5. Bahkan tidur selama lebih dari 3 jam juga dapat membakar 200 kalori.

Ada banyak cara untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Anda hanya perlu mencari mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Selamat mencoba!

 

Sumberfoto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter