foto wanita dan payungnya

Air Hujan, Baik atau Buruk Bagi Rambut?

Share Button

Masih ingat kutipan yang mengatakan bahwa nama bulan yang berakhiran “-ber” identik dengan musim hujan? Rasanya hal itu benar adanya, mulai dari September sampai Desember hujan bisa turun hampir setiap hari. Lantas apa bila rambut kita terkena air hujan setiap hari, akankah terjadi kerusakan pada rambut kita? Nyatanya, banyak perdebatan mengenai ini, ada yang mengatakan air hujan baik untuk rambut, dan ada pula yang menolak mentah-mentah pernyataan tersebut.

Orang Indonesia sering mendengar kata-kata “Cepat cuci rambutmu setelah terkena hujan”. Namun nyatanya, ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa air hujan baik untuk rambut. Air hujan memiliki pH sebesar 5.6 atau berada dibawah tingkat kelembapan air biasa yaitu 7.0. Hal ini disebabkan oleh sifat hujan yang mengikat karbondioksida (CO2) di udara. Dengan kata lain sebenarnya air hujan memiliki sedikit tingkat keasaman (acidity) namun tidak sebesar cuka ( pH 2.4) atau air soda (pH 3.7). Namun perlu diperhatikan bahwa air hujan yang baik untuk rambut adalah air hujan yang bersih atau murni.

Sayangnya, di Indonesia yang tingkat polusinya sudah tinggi, menyebabkan sering terjadinya acid rain (hujan asam). Hujan asam diakibatkan tercampurnya belerang (sulfur) dam nitrogen dan membentuk sulfur dioksida (SO2) serta nitrogen oksida (NO) di atmosfer. Zat tersebut kemudian beraksi dengan air hujan untuk membantuk asam sulfat (H2SO4) dan asam nitrat (HNO3). Air hujan inilah yang sangat berbahaya tidak hanya bagi rambut, tapi juga untuk tubuh.

Banyak orang yang tinggal di tempat dengan udara bebas polusi dengan sengaja menampung air hujan untuk kebutuhan mandi. Air hujan yang bersifat soft water atau rendam mineral seperti kalsium dan magnesium sejatinya memang baik untuk rambut. Jika Anda ingin memanfaatkan air hujan untuk keramas, Anda bisa menampung air hujan saat hujan sudah berlangsung selama 10 menit atau lebih, kemudian menyaringnya. Jangan lupa untuk tetap mengeringkan rambut setelah keramas agar tidak membuat rambut rontok.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter