Air Bisa Kadaluarsa

Air Bisa Kadaluarsa?

Share Button

Pernahkah Anda perhatikan bahwa ada tanggal kadaluarsa di kemasan air mineral Anda? Apakah benar air dapat kadaluarsa? Mengapa bisa kadaluarsa? Pasti Anda akan bertanya-tanya tentang hal ini.

Ternyata, tanggal kadaluarsa pada kemasan air mineral tidak mengindikasikan bahwa air dapat kadaluarsa, melainkan sebuah keharusan dari pemerintah. Peraturan pemerintah mewajibkan seluruh produsen jenis makanan (termasuk air mineral) untuk menaruh tanggal kadaluarsa pada kemasannya. Lalu, apakah tanggal tersebut hanya formalitas dan mengada-ada saja? Tentu tidak.

Produsen air mineral akhirnya memutuskan untuk menaruh tanggal kadaluarsa berdasarkan kontaminasi yang dapat terjadi akibat kondisi kemasan botol yang sudah tidak baik lagi. Hal ini disebabkan adanya 2 tipe sterilisasi yang dilakukan kepada air kemasan sebelum dapat dijual di pasar. Pertama adalah proses penggunaan peracetic acid untuk membunuh patogen (bakteri yang menyebabkan penyakit) dan proses penguapan (steam). Proses steam dilakukan dengan  memanaskan air kemasan pada suhu diatas 120 derajat celcius selama 15 menit dan akan membunuh patogen. Meski begitu, beberapa bakteri sudah terlanjur membentuk spora yang tidak dapat dibunuh dan bertahan hingga jutaan tahun, maka satu-satunya jalan adalah dengan melakukan proses iridasi yang membutuhkan biaya banyak (kebanyakan, produsen air kemasan tidak melakukan proses ini, sehinggi bakteri akan masih ada dalam air).

Bakteri tersebut sebenarnya tidak akan dapat berkembang selama botol air kemasan masih dalam keadaan tertutup. Dengan kata lain bakteri hanya akan berkembang setelah segel kemasan dibuka. Sebaiknya Anda segera mengkonsumsinya atau membuangnya setelah 2 minggu dalam keadaan terbuka.

Jangan pernah berfikir bahwa air kemasan adalah air yang sangat bersih, jernih, dan tanpa bakteri. Bahkan beberapa air kemasan yang bertuliskan dari mata air pegunungan, atau diambil langsung dari alam, nyatanya tetap melalui proses-proses kimia terlebih dahulu.

Fakta lain penyebab adanya tanggal kadaluarsa pada botol air kemasan adalah disebabkan plastik botol itu sendiri. Botol plastik ini lama-kelamaan akan mengkontaminasi air dengan mengeluarkan bahan kimia. Memang bahan kimia ini tidak menyebabkan air menjadi beracun, akan tetapi akan merusak rasa dari air kemasan itu saja.

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com

Share Button