Gambar buah pepaya

7 Khasiat Daun Pepaya

Share Button

Pepaya atau yang dikenal sebagai Carica papaya L, berasal dari negeri yang jauh di Meksiko bagian selatan dan utara Amerika Selatan. Pohon pepaya memiliki beberapa bagian yang bisa digunakan sebagai obat-obatan, bahkan hampir semuanya bermanfaat bagi manusia.

Khusus daun papaya, dapat dimanfaatkan sebagai sayuran (baik di oseng, di santan, lalapan setelah dilayukkan dengan air panas), pelunak daging, pembungkus buntil, obat tradisional atau alami. Nah untuk yang terakhir disebutkan, berikut ini ada beberapa khasiat daun pepaya yang bisa  diolah dan dimanfaatkan sebagai obat.

  • Daun pepaya sebagai obat malaria.

Untuk mengobati malaria, rebus 1 lembar daun pepaya muda yang masih segar,tiriskan, tunggu sampai dingin. Gunakan daun rebusan sebagai lalap atau dikonsumsi langsung. Cara lain, bisa dengan meminum air perasan dari rebusan daun pepaya tersebut.

  • Daun pepaya sebagai pelancar ASI

Ambil 30 gram daun pepaya segar, remas-remas. Letakkan daun diatas bara api sampai layu.Tempelkan daun pepaya di sekeliling payudara selagi masih hangat, terkecuali bagian puting.
  • Daun Pepaya sebagai penambah nafsu makan.

Hancurkan sampai lembut atau blender daun papaya muda sebesar telapak tangan, garam secukupnya dan air hangat sekitar 200cc. Angkat. Saring ekstrak daun papaya  tambahkan 2 sdt madu, aduk rata. Minum selagi hangat.

  • Daun papaya sebagai pengusir jerawat.

Ambil 30 gram daun pepaya yang sudah tua, lalu jemur sebentar agar layu. Haluskan, tambahkan air sampai membentuk pasta. Oleskan pada wajah sebagai masker.

  • Daun pepaya sebagai obat demam berdarah.

Rebus 5 lembar daun papaya muda dalam ½ liter air sampai matang tersisa ¾ bagian. Angkat. Tambahkan garam secukupnya dan 2 sdt madu, aduk. Minum selagi masih hangat. Ulangi 3x sehari sampai sembuh.

  • Daun pepaya sebagai obat nyeri haid.

Rebus 1 lembar daun pepaya muda, asam jawa, dan garam secukupnya. Saring airnya lalu tambahkan 2 sdt madu, aduk rata, minum.

  • Daun pepaya antikanker

Daun dan batang pepaya memiliki milky latex (getah putih seperti susu) yang diduga memiliki manfaat sebagai antikanker, namun belum ada petunjuk yang jelas mengenai pemanfaatannya.

Nah, bila sudah tahu obat alami yang bermanfaat, mudah didapat, masih mau minum obat kimia yang tidak ramah terhadap tubuh?

Share Button

Republished by Blog Post Promoter