Foto Jamur Kancing

5 Makanan Peningkat Sistem Kekebalan Tubuh

Share Button

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh adalah sistem alamiah yang dimiliki manusia yang mampu memberikan perlindungan dari beragam penyakit bagi tubuh. Penyakit tersebut dapat berupa infeksi, virus, bakteri, ataupun parasit yang bisa dengan mudah berpindah dari satu manusia ke manusia lain. Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat membedakan sel tubuh dan patogen asing yang masuk ke tubuh, setelah itu patogen asing tersebut akan dimusnahkan.

Namun sistem kekebalan tubuh dapat terganggu akibat banyak faktor seperti cuaca, kondisi kebugaran tubuh, dan makanan. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, Anda perlu tahu makanan apa saja yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

1. Jamur Kancing

Meski bentuknya kecil, jamur kancing memiliki banyak nutrisi di dalamnya yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Di dalamnya terkandung selenium, antioksidan, dan vitamin B. Selenium dapat membantu seseorang untuk mencegahnya terkena serangan flu. Selain itu, para peneliti juga telah membuktikan bahwa jamur kancing bekerja sebagai anti bakteri dan anti tumor.

2. Tiram

Tiram, yang termasuk dalam jenis kerang-kerangan, juga berfungsi sebagai makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus membangkitkan stamina bagi pria dewasa. Di dalam tiram atau oyster terkandung zat besi yang berfungsi sebagai antivirus bagi tubuh. Zat besi juga dapat membantu Anda untuk mengeringkan luka lebih cepat.

3. Semangka

Buah yang memiliki kandungan air tinggi ini berfungsi sebagai antioksidan dan detoksifikan. Semangka dapat melawan infeksi, racun, dan meningkatn sistem imun tubuh Anda.

4. Bayam

Tidak salah kiranya menyebut bayam sebagai rajanya sayuran bila melihat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Ada folat yang membantu tubuh memperbaiki dan memproduksi sel baru, ada juga serat, vitamin C, dan antioksidan lain. Cara terbaik untuk memakan bayam adalah memakannya secara mentah atau hanya direbus sebentar saja. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi bayam sangat mudah rusak.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel. Di dalamnya juga terkandung vitamin A yang dapat mencegah penuaan dini serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter