foto perut wanita langsing

5 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Pencernaan

Share Button

Kesehatan pencernaan Anda akan terus menurun seiring pertambahan usia. Perubahan tersebut membuat tidak semua makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa diolah dan diambil nutrisinya. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan sejak dini akan sangat bermanfaat di hari tua nanti. Caranya pun tidak sulit, tidak perlu pergi ke dokter atau minum berbagai obat.

Berikut adalah cara mudah menjaga pencernaan tetap sehat.

  1. Minum cukup air – Minum cukup air setiap harinya dikenal memang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk sistem pencernaan Anda. Air yang nantinya akan bertemu dengan serat dari buah-buahan yang Anda makan akan memperlancar sistem pencernaan. Kebanyakan orang membutuhkan setidaknya 8 gelas air per hari. Cara termudah adalah selalu membawa botol minum yang terisi air penuh, sehingga kapan pun. Anda juga bisa menambahkan sedikit irisan lemon atau merubahnya menjadi jus jeruk.
  2. Makanan berserat – Makanan berserat adalah sahabat terbaik pencernaan. Serat bisa didapat dari buah-buahan dan sayur seperti alpukat, walnut, almond, gandum, dan masih banyak lagi. Seluruh makanan yang masuk ke tubuh memerlukan serat agar bisa bergerak dengan baik sesuai alur pencernaan. Mereka yang kurang makan-makanan berserat biasanya akan mengalami masalah susah buang air besar atau bahkan obesitas.
  3. Jangan makan berlebihan – Makan dua piring nasi beserta lauk dan sayurnya dalam satu waktu sangatlah buruk untuk pencernaan Anda. Makanan tersebut akan memperberat sistem pencernaan dan mengakibatkan pengendapan di perut. Makan berlebihan akan menyebabkan timbulnya penyakit seperti maag. Sebaiknya, sebar jadwal makan Anda dengan porsi tiap jadwal lebih sedikit. Selain itu, kunyahlah makanan Anda lebih sering dan perlahan. Potongan-potongan makanan yang lebih kecil tentu akan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan Anda.
  4. Perbanyak makanan mengandung probiotik – Probiotik adalah mikro-organisme yang serupa dengan bakteri baik, yang hidup secara natural di sistem pencernaan. Bakteri inilah yang dapat membantu mengobati diare, kembung, serta kolesterol tinggi. Beberapa makanan mengandung probiotik seperti yogurt, acar, keju, dan susu bisa dimasukan dalam menu Anda sehari=hari.
  5. Mengendalikan tingkatkan stres – Stres juga dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh, termasuk sistem pencernaan. Saat stres, otak cenderung memberikan rangsangan ke perut yang menimbulkan rasa sakit dan mual. Ini akan berakibat buruk untuk perut. Hindari stres berlebih dengan kegiatan menyenangkan seperti jalan-jalan, karaoke, atau melakukan hobi Anda.
Share Button